Loading...

Tips Melaporkan Tempat Ke Google Maps Dengan Android

Cara Melaporkan Tempat Ke Google Maps Dengan Android - Google maps adalah peta virtual yang secara gratis disediakan oleh google. Jika kamu...


Melaporkan Tempat Ke google mapsCara Melaporkan Tempat Ke Google Maps Dengan Android - Google maps adalah peta virtual yang secara gratis disediakan oleh google. Jika kamu pernah melihat peta digoogle maps dan mencari peta atau kota kota besar, pasti akan melihat nama jalan, alamat jalan dan nama-nama tempat yang ada di google maps. Pernah kah terbesit dipikiran bagaimana cara agar nama-nama atau nama jalan tersebut bisa masuk digoogle maps? Jika diperkotaan biasanya sudah lengkap nama-nama jalan atau nama-nama tempatnya. Nah bagi yang tinggal di pedesaan seperti saya ini nama atau tempat itu masih belum ada. Kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara melaporkan tempat-tempat baru yang belum ada digoogle maps. Cara ini menurut pengalaman saya sendiri karena desa saya sudah mulai lengkap  tuh nama-nama jalan dan nama tempat nya. Mungkin cara saya ini kalau dibilang kurang kerjaan. Untuk apa melaporkan tempat-tempat yang belum ada di google maps? ya kan kalau desa kita udah masuk maps kan keliatan nya jadi terkenal dikit dikit. kalau udah masuk google maps dan terkenal kan nanti jadi enak tuh mau kirim-kiriman barang atau pesan online di internet. Untuk mempersingkat waktu saya akan lanjutkan caranya.

Sebelumnya kamu harus sudah memperbaharui aplikasi Maps yang ada di android kamu, karena cara ini diperuntuhkan untuk maps yang sudah diperbaharui. Jika kamu belum memperbaharuinya ke maps yang baru silahkan buka aplikasi Playstore di android kamu cari aplikasi maps lalu perbaharui. Biasa nya untuk type android yang masih gingerbread seperti samsung galaxy young 5360 belum bisa untuk memperbaharui maps nya. Dan syarat lainnya adalah kamu harus hafal username gmail dan password yang sudah kamu loginkan di handphone android kamu. Biasanya orang-orang sekarang sering lupa tuh alamat emailnya sendiri. yang sering diingat selalu aja email facebook terus. benerkan? ngaku aja deh. kenapa saya menyarankan untuk memastikan email gmail kamu? karena nanti hasil laporan yang kamu buat akan dibalas di email kamu yang terhubung dengan handphone android kamu. Dan kalau hasil laporan kamu sudah diterima, nanti akan dibalas lagi melalui email.

Dan Pastikan paket internet yang ada di handphone android kamu masih aktif dan masih cukup buat mengakses google maps. Kalau semuanya sudah disiapkan silahkan ikuti saya untuk melanjutkan caranya.

  1. Pertama buka aplikasi maps yang sudah diperbaharui dihandphone kamu, saya menggunakan handphone dengan type Samsung Galaxy Young 6310, Kalau ada yang lebih tinggi lagi itu lebih baik. Ingat ya yang sudah diperbaharui karena kalau sudah diperbaharui nanti menu menunya akan jadi berbahasa indonesia dan jadi lebih gampang.
  2. Lalu berdiri dan bawa handphone android tepat didepan rumah kamu untuk mengambil titik koordinatnya. Agar posisinya akurat usahakan posisi berdiri tepat dibawah awan biru. Jangan didalam rumah, dibawah atap rumah atau dibawah pohon, karena itu akan menyebabkan posisi titik koordinat yang diambil tidak akan bisa tepat.
  3. Cari tombol My location. Tombol ini saya namai sendiri karena diaplikasi maps yang baru tombol ini tidak ada namanya. tombol ini terletak dibagian pojok kanan paling bawah bentuknya bulat dan ada garis garis pendek disetiap sisinya. Gunanya adalah untuk menentukan tempat dimana kamu berdiri saat ini. Untuk menandai tepat atau tidak nya posisi kamu berdiri adalah dengan melihat titik biru kecil dengan tombol satu arah tersebut. Lihat lingkaran disekeliling titik biru tersebut. Jika lingkaran nya besar berarti handphone android kamu belum tepat mengambil titik koordinat dimana tempat berdiri kamu. Jika lingkarannya kecil itu menandakan bahwasannya handphone kamu sudah menentukan dengan tepat ditempat kamu berdiri.
  4. Melaporkan Tempat Ke google maps
  5. Gambar Menentukan Lokasi Google Maps
  6. Jika posisi sudah tepat. Tahan tempat tersebut dengan jari atau jempol. nanti akan keluar pin berwarna merah dengan tulisan dibawahnya adalah "Pin dipasang". 
  7. Klik menu "Pin dipasang" tersebut sampai menu naik keatas dan liat disitu ada menu "Tambahkan tempat yang belum ada". klik menu tersebut
  8. Isikan nama tempat sesuai yang ada di tempat kamu berdiri. Misal DEDY PONSEL. masukan alamat dengan alamat yang benar dan kode pos yang benar. Pilih kategori yang cocok untuk tempat tersebut. Untuk nomor handphone masukan nomor handphone kamu. Nomor hanphone yang kamu masukan ini suatu saat akan ditelpon oleh pihak google untuk memasikan kebenaran tempat tersebut. Jadi masukan nomor handphone kamu dengan benar. agar pihak google bisa dengan mudah menghubungi kamu untuk memastikan keberadaan tempat baru tersebut. Jawab dengan jujur kalau pihak google menanyakan nama jalan, nama kota atau kode pos, Dan pastikan kamu bilang kalau titik koordinatnya itu memang benar disitu dan jangan dipindah-pindah lagi. Biasanya menurut pengalaman saya. Kalau kita memberikan informasi yang salah maka pihak google akan memindahkan titik koordinat yang sudah kita cari tadi. Maka dari itu jawablah dengan benar apa yang ditanyakan oleh pihak google nanti.
  9. Setelahnya semua sudah yakin benar terisi sekarang klik tombol Kirim.

Selesai.! sekarang kamu tinggal menunggu hasilnya. biasanya untuk proses nya membutuhkan 2 sampai 3 hari dihari kerja. Ingat kalau ada nomor telepon rumah yang menelpon kamu angkat saja..Itu dari pihak google indonesia yang mau memastikan tempat tersebut benar atau tidak. santai saja jangan takut. dan jawab dengan benar. Setelahnya semua beres nanti diemail akan ada balasan bahwasannya tempat baru tersebut sudah masuk digoogle maps. Silahkan cek di google maps dan ketik di pencarian dengan nama yang kamu laporkan.

Sekian tips dari saya tentang cara melaporkan tempat ke google maps dengan android. Semoga artikel saya kali ini berguna bagi semuanya. Terima kasih

Sumber : kickymaulana

Tips 8361766011669004886

Post a Comment

  1. Ever wanted to get free Facebook Followers?
    Did you know you can get them AUTOMATICALLY AND TOTALLY FOR FREE by registering on Like 4 Like?

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item