Loading...

Cara Melindungi perangkat Android dari serangan Virus

Android merupakan OS (sistem operasi) terbanyak digunakan di seluruh dunia. Banyak vendor smartphone yang menggunakan Android sebagai siste...


imageAndroid merupakan OS (sistem operasi) terbanyak digunakan di seluruh dunia. Banyak vendor smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasi nya. Selain gratis, Android juga banyak digemari orang terutama para pecinta gadget seperti saya :D. Karena Android mempunyai keanekaragaman fitur dan perkembangan yang terus dilakukan oleh Google. Dengan banyaknya pengguna, tentu saja banyak juga orang-orang yang melihat celah ini untuk berbuat jahat dengan mencoba menyebarkan virus pada perangkat OS Android. Virus yang dikirim para cracker pun beragam, ada yang cuma sekedar mengambil keuntung dari pemilik Gadget Android, ada pula yang dapat membahayakan data dan merusak perangkat android Anda. Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips dan cara untuk anda bagaimana melindungi perangkat Android dari serangan Virus.

Hindari Aplikasi dan Game Palsu. Banyak sekali aplikasi dan game palsu dan bajakan yang bertebaran di internet, selain Play Store milik GOOGLE atau Website yang bertebaran menyebarkan aplikasi bajakan dan palsu. Aplikasi bajakan/palsu ini dapat menjadi sarang virus, karena para cracker dapat dengan mudah menyisipkan virus kedalam aplikasi yang mereka buat berformat APK. Maka dari itu berhati-hatilah dalam mengunduh Aplikasi atau Game. Dan saya sarankan unduh lah Aplikasi langsun dari Play Store.

Update Selalu. Google dan banyak developer game atau aplikasi selalu mengembangkan perangkat lunak buatannya. Jadi jika ada update dari Android anda, segera download dan pasang. Update biasanya dilakukan secara berkala, tujuannya agar menambah fitur atau bug fixed yang terjadi. Dan tentu saja untuk meningkatkan keamanan Gadget Android milik anda. Untuk melihat update atau tidak dari Android, silahkan cek ke Settings – About phone atau About tablet – System Updates.

Hindari Aplikasi Mencurigakan. Banyak sekali developer pembuat aplikasi untuk OS (sistem operasi) Android. Namun tidak semuanya berguna atau bahkan banyak di antaranya yang sengaja dibuat agar dapat memasukan virus pada perangkat Android milik anda. Jangan mudah tergiur dengan tampilan aplikasi yang bagus atau yang menjanjikan fitur-fitur canggih karena bisa saja aplikasi tersebut adalah aplikasi yang tertanam virus. Bahkan Aplikasi berbayar pun bisa terindikasi ada nya Virus didalam nya.

Pasang Antivirus. Sudah banyak antivirus yang dapat di unduh di Play Store. Tapi gunakanlah antivirus yang benar-benar berkualitas dan terpercaya. Artinya vendor dari antivirus tersebut memang sudah terkenal. Sekelas Avast, AVG, BitDefender, Kaspersky, Sophos, Symantec (Norton), dan TrendMicro, yang merupakan vendor antivirus yang sudah sangat terpercaya. Dengan menggunakan antivirus, setidaknya dapat mengurangi resiko ancaman terkena serangan virus yang ada di Android. Namun semua kembali kepada anda sebagai pemakaia nya.. Walaupun bernama smartphone tetap juga harus digunakan secara pintar.

Source : anza123

Tips 488815015019973426

Post a Comment

emo-but-icon

Home item