Loading...

Tips Cara Ketahui Apakah Android Anda Terjangkiti HeartBleed Atau Tidak

Senin 7 April lalu, dunia internet di kejutkan oleh kehaidran bug kritis yang menyerbu OpenSSL. Bug tersebut bernama Heartbleed. Ia berbaha...


cek apakah Android anda kena Heartbleed atau tidakSenin 7 April lalu, dunia internet di kejutkan oleh kehaidran bug kritis yang menyerbu OpenSSL. Bug tersebut bernama Heartbleed. Ia berbahaya dan tidak banyak yang dapat dilakukan pengguna internet untuk melindungi diri mereka.

Namun, tentu saja, ilmu pengetahuan merupakan kekuatan. Oleh karenanya Heartbleed Detector di ciptakan, merupakan sebuah aplikasi yang akan beri tahu kepada anda apakah smartphone Android anda terjangkiti bug Heartbleed ini.

Disaat semua orang tengah serius membahas bagaimana Heartbleed berakibat pada server dan infrastruktur internet. Ia malah menyambangi perangkat bergerak (smartphone dan tablet). Untuk itulah aplikasi ini dibuat untuk mengetahui apakah perangkat mobile anda terjangkiti atau tidak.

Aplikasi yang saya maksud ialah Heartbleed Detektor, sebuah aplikasi Android yang dikembangkan oleh lookout, berfungsi untuk cek apakah Android anda kena Heartbleed atau tidak.

Silahkan download Heartbleed Detector untuk cek apakah smartphone Android anda terjangkiti Heartbleed atau (semoga saja) tidak.

Apakah Heartbleed?


Heartbleed merupakan sebuah kesalahan software di dalam fungsi "Heartbeats" OpenSSL yang bertugas melindungi "koneksi aman" internet. Fungsi ini ternyata memiliki celah untuk dimanipulasi alhasil memungkinkan "pencuri" untuk mencuri hingga 64K data disaat memory yang telah terjangkiti aktiv.

Bug, yang ditemukan oleh para peneliti dari Codenomicon dan Google, dan di arsipkan dengan nomor referensi CVE-2014-0160, berimbas kepada hampir semua infrastruktur yang menggunakan OpenSSL.

Cara kerja Heartbleed detector.

Aplikasi akan menentukan versi OpenSSL dari perangkat Android anda, kemudian melakukan pengecekan apakah fitur bercelah yang bernama Heartbeats di aktifkan atau tidak.

Aplikasi ini bukan dirancang untuk memberesi celah tersebut, karena itu urusan Google dan pabrikan ponsel Android anda, tujuan utama aplikasi Heartbleed Detector hanyalah menginformasikan anda mengenai status smartphone anda.

Aplikasi ini juga tidak memiliki kemampuan mendeteksi apakah website atau layanan online anda kunjungi bercelah atau aman.

Laporan yang diberikan aplikasi ini jika OS Android anda terinfeksi dan tidak terinfeksi Heartbleed.

Apa yang saya harus lakukan jika smartphone Android saya kena Heartbleed?


Jika setelah mendapat laporan dari aplikasi detector ternyata perangkat anda terjangkiti Heartbleed, maka segeralah melakukan update dengan mengeceknya via Settings -> System Updates. Jika begitu maka anda telah memproteksi smartphone Android anda dengan patch yang dirilis baik oleh Google maupun pabrikan ponsel anda.

Namun apabila belum ada update, maka kamu sebaiknya mengganti semua password dari akun kamu anggap penting untuk antisipasi.

Satu lagi, website-website anda kunjungi bisa jadi terjangkiti. Oleh karenanya tanyakan kepada penyedia layanan internet anda gunakan sekarang, langkah apa yang telah mereka lakukan untuk memproteksi infrastruktur mereka terhadap serangan dari Heartbleed ini.

Source : paneninfo

Tips 7226656693862356399

Post a Comment

emo-but-icon

Home item